Mengenal jenis-jenis robot berdasarkan bentuk dan fungsinya

2:50 PM


osiensmartboy -  Mengenal jenis-jenis robot berdasarkan bentuk dan fungsinya. Lambat tahun robot semakin banyak digunakan untuk membantu pekerjaan manusia. Karena mungkin manusia sekarang lebih suka dengan yang praktis. Mungkin dimasa depan nanti Robot akan menjadi suatu kebutuhan pokok bagi manunia.

Sebelum datangnya masa depan.. saya ingin menjelaskan tentang bentuk dan fungsi robot. Karena bentuk dan fungsi robot itu sangat bervariasi jadi dibedakan menjadi :
  • Robot Humanoid
  • Human, mempunyai manusia. Berarti untuk jenis robot yang satu ini lebih mirip ke manusia dari segi bentuk yang mempunyai 2 tangan 2 kaki dan satu kepala kurang lebih seperti itu maupun dari segi fungsinya yang mungkin dapat kita ajak berbicara misalnya. Robot jenis ini selalu berkembang dan semakin canggih seperti dalam postingan saya tentang Robot canggih Kodomoroid dan Otonaroid
  • Robot Jaringan
  • Apakah robot jenis jaringan itu? Apa robot yang dapat mengeluarkan dapat jaring seperti spiderman? Tidak.. Robot jaringan bukanlah robot seperti itu. Yang dimaksut robot jaringan itu adalah dimana robot yang dapat mengatur/mangontrol suatu jaringan menggunakan protokol TCP/IP. Robot ini dapat memonitoring jaringan apa saja.
  • Robot Mobile
  • Merukapan robot yang paling laris dikalangan anak muda yang masih dalam tahap belajar membuat robot karena tinggak kesulitan untuk membuat robot ini masih rendah. Dan yang harus dipelajari jika membuat robot ini harus mengerti tentang sensor-sensor elektronik dan mikrokontroler. Robot ini biasanya terdapat beberapa roda untuk memudahkan pergerakannya. karena robot ini hanya mengikuti sonsor-sensor yang telah ditetapkan pada sistem robot ini.
  • Underwater Robot
  • Under yang berarti bawah dan water yang berarti air jadi kesimpulan awal robot underwater adalah robot yang digunakan dibawah permukaan air atau didalam air. Untuk robot jenis ini yang berukuran besar biasanya untuk mengambil suatu barang penting yang terdapat didalam air yang mungkin tidak dapat dijangkau oleh manusia. Robot ini juga seringkali digunakan sebagai alat yang memonitoring suata keadaan bawah air.
  • Flying Robot
  • Beda dari robot underwater yang berada dalam bawah air. Robot ini justru kebalikannya, yaitu robot yang tempatkan dilangit/mengudara. Biasanya robot jenis ini seringkali digunakan untuk mengambil gambar dari atas karena tidak memungkin jika manusia terbang dan mengambil gambar dari atas kecualing dengan naik pesawat, betul tidak?
  • Robot Manipulator
  • Robot ini banyak dipakai oleh perusaan industri elektronik ataupun transportasi. Biasanya robot ini hanya mempunyai satu tangan jadi setiap robot mempunyai peran pekerjaan masing-masing. Seperti contohnya robot untuk menutup kaleng, mengecat, memasang baut yang berukuran kecil maupun besar, menyatukan body mobil dan masih banyak yang lainnya.
  • Robot Berkaki
  • Bentuk robot ini pastinya sesuai dengan nama jenis robot ini yaitu robot berkaki, berarti robot ini mempunyai kaki. Biasanya robot ini banyak masuk kedalam jenis robot bentuk hewan. Seperti robot anjing yang mempunyai 4 kaki, Laba-laba dengan 6 kaki atau lebih dan masih banyak lagi contohnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
September 25, 2015 at 1:31 PM delete

Atikel tentang 'Robot' yang anda tulis sangat menarik dan bagus.
Kita juga punya artikel mengenai 'Robot', silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya

http://robotics-mfa.blogspot.co.id/
terima kasih
semoga bermanfaat

Reply
avatar